Komentar Pembaca: Penyerang Novel Baswedan Mirip Orang Flores

BAGIKAN:

Sebuah catatan kecil untuk komentar seorang pembaca kompas.com, bahwa sepintas pria pelaku penyerangan terhadap Novel Baswedan mirip-mirip orang Flores.


Sketsa Peyerang Novel Baswedan, Orang Flores?
Tanggapi foto sketsa penyerang Novel Baswedan, seorang pembaca kompas.com menuliskan komentar, yang entah bagaimana, membuat saya tergelitik menuliskan catatan singkat ini. Berikut isi komentar pada link Panggil Kapolri, Jokowi Belum Putuskan Bentuk TPF Kasus Novel:
kalau dilihat sepintas foto tsb mirip2 orang flores, dan juga saya yakin pelaku pasti disuruh dan dibayar oleh seseorang yang punya kasus di kpk, dan yang nyruh juga orang berduit. - Gundala Gumanti
komentar "kalau dilihat sepintas foto tsb mirip2 orang flores"
[post_ads]

Orang Flores, Karena Hitam Kulit - Keriting Rambut?

Foto sketsa tersebut ditunjukkan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian  setelah bertemu Presiden Joko Widodo di istana negara, Senin (31/7). Kapolri juga menyebutkan, pria pelaku penyerangan terhadap Novel Baswedan memiliki ciri-ciri tinggi badan 167-170 cm, berkulit agak hitam, rambut keriting dan badan cukup ramping.

Pertanyaan yang menggelitik saya adalah, dari mana komentar "mirip2 orang flores" itu lahir? Apakah semata karena pria tersebut berkulit hitam dan berambut keriting? Ataukah karena bentuk wajah dalam sketsa sang pelaku mirip dengan bentuk wajah 'orang-orang Flores' yang dikenal sang 'komentator'?

Entahlah. Saya hanya sebatas mengira-ngira dalam perasaan yang campur-aduk atas dasar apa komentar "mirip2 orang flores" itu muncul. Lebih tepatnya, campuran tanda tanya yang diaduk dengan bumbu ketersinggungan.

Ya, karena ketersinggungan semacam itulah blog kecil ini lahir; FLORESPOS.ID, sebuah wadah sederhana untuk memperkenalkan Flores kepada saudara sebangsa dan setanah air. Betapa 'Orang Flores' tak sesempit hitam kulit dan keriting rambut yang selalu dikait-kaitkan dengan kekerasan dan tindak kejahatan.

Tentang komentar "mirip2 orang Flores" itu tadi, sudahlah. Dimaafkan saja. Mungkin saja 'terawangannya' benar. Atau, mungkin dia belum betul-betul kenal dengan orang-orang Flores. Dan, mungkin dia juga belum nonton video stand-up terbaru-nya Kaka Abdur yang satu ini. Salam Indonesia.


*Catatan akhir Juli,

Robert Bell. Thundang
[post_ads_2]
  • [message]
    • Kirim postinganmu
      • Ingin berita, tulisan, foto atau videomu dimuat di FLORESPOS.ID? 
        Kirimkan konten postinganmu melalui halaman Kontak.

Keterangan:
Berdasarkan masukkan-masukkan yang dikirim ke FLORESPOS.ID, agar tidak menimbulkan salah tafsir bagi pembaca FLORESPOS.ID, judul tulisan ini diganti dari "Penyerang Novel Baswedan, Orang Flores?" menjadi "Komentar Pembaca: Penyerang Novel Baswedan Mirip Orang Flores". Salam, redaksi.

KOMENTAR

Nama

Artikel,8,Bacaan,1,Bidadari Pulau Bunga,1,Fakta Unik,10,Flores,16,Flores Cantik,5,Flores POS,12,Floresisme,10,Galeri,7,Ignas Iryanto,1,Indonesia,14,Jelajah,8,Kabar Warga,1,Komodo,2,Kopi Flores,4,Labuan Bajo,2,Maggarai Barat,1,Manggarai Tengah,1,Manggarai Timur,3,Nicholas Saputra,4,NTT,10,Opini,3,Peristiwa,19,Press Release,1,Redaksi,1,Tour de Flores,8,Trending Topic,32,Wisata,21,
ltr
item
Florespos.id: Komentar Pembaca: Penyerang Novel Baswedan Mirip Orang Flores
Komentar Pembaca: Penyerang Novel Baswedan Mirip Orang Flores
Sebuah catatan kecil untuk komentar seorang pembaca kompas.com, bahwa sepintas pria pelaku penyerangan terhadap Novel Baswedan mirip-mirip orang Flores.
https://2.bp.blogspot.com/-qWmI_B_lkuk/WX9DExiQDrI/AAAAAAAAAt0/n7s93Kyo95UMkw4P_HTISBzUIaDhv5yeACLcBGAs/s640/sketsa_penyerang_novel_baswedan.webp
https://2.bp.blogspot.com/-qWmI_B_lkuk/WX9DExiQDrI/AAAAAAAAAt0/n7s93Kyo95UMkw4P_HTISBzUIaDhv5yeACLcBGAs/s72-c/sketsa_penyerang_novel_baswedan.webp
Florespos.id
http://www.florespos.id/2017/07/penyerang-novel-baswedan-orang-flores.html
http://www.florespos.id/
http://www.florespos.id/
http://www.florespos.id/2017/07/penyerang-novel-baswedan-orang-flores.html
true
240027915275159787
UTF-8
Semua postingan Belum ada postingan LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal Balas Delete Oleh Home HALAMAN POSTINGAN Lihat Semua Rekomendasi LABEL ARSIP SEARCH SEMUA POSTINGAN Tidak ditemukan postingan yang Anda cari Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Mgu Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Follower Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy