Dari Redaksi: Permintaan Maaf Kepada Saudara Prim Deo Untuk Penggunaan Foto Pada Artikel

BAGIKAN:

Tulisan ini merupakan bentuk ucapan permintaan maaf kepada saudara Prim Deo atas penggunaan foto pada salah satu artikel florespos.id


Postingan ini merupakan sebuah bentuk ucapan permintaan maaf kepada saudara Prim Deo atas penggunaan foto pada tulisan Tarian Ndundu Ndake Pecahkan Rekor Dunia. Permasalahan terkait foto tersebut telah diselesaikan melalui komunikasi yang baik dengan Saudara Prim Deo.

Latar Belakang: "Postingan Tentang Flores - Indonesia"
Sebagaimana telah ditulis pada halaman About (Tentang Kami), FLORESPOS.ID adalah media informasi untuk mengenal dan memperkenalkan Flores - Indonesia melalui update berita terkini, artikel, serta foto dan video. Adapun tujuan dibentuknya website sederhana ini adalah membuat Flores dikenal oleh sebanyak mungkin orang.

Namun, kami menyadari keterbatasan dari pihak kami terkait sumber data, baik itu artikel maupun konten media seperti foto dan video. Karenanya, pada halaman yang sama, kami lampirkan keterangan tambahan terkait penggunaan foto/video yang bukan dari pihak kami sendiri.
Sebagian besar konten foto dan video yang diupload melalui www.florespos.id merupakan konten yang dihimpun dari internet dengan mencantumkan nama pemilik atau alamat sumber atau dengan cara di-embed menggunakan source code dari sumbernya.

Foto Artikel Tentang Tarian Ndudu Ndake

Pada Rabu, 19 Juli 2017, pihak kami memposting sebuah artikel pada website berjudul: "Tarian Ndundu Ndake Pecahkan Rekor Dunia" yang berisi informasi terkait event Tour de Flores di kota Ruteng sehari sebelumnya.

Adapun foto yang digunakan dalam artikel tersebut disumberkan dari akun Instagram saudara Prim Deo (@prim.deo) sebagai foto feature (foto utama), serta dua foto dari [email protected] sebagai foto dalam tubuh berita.

Sebagaimana yang telah disebutkan, sebelum dimuat, pada kedua foto tersebut kami mencantumkan nama akun pemilik foto sebagai sumber foto. Dalam hal ini, nama pemilik foto ditulis pada sisi kanan bawah dari setiap foto (@prim.deo [email protected]).

Pemrosesan foto, dari pencarian hingga dimuat pada website, kami gambarkan sebagai berikut:
  1. Setelah konten artikel siap untuk diterbitkan, redaksi mencari foto feature dan foto body dari social media Instagram.
  2. Foto didownload setelah melalui pencarian di instagram dengan hastag #TourdeFlores2017 dari akun @prim.deo [email protected]
  3. Foto diedit secara secara offline untuk menambahkan sumber foto dengan menambahkan keterangan nama akun @prim.deo [email protected] pada sisi kanan bawah setiap foto.
  4. Khusus untuk foto feature, sebelum ditambahkan tulisan, foto diubah ukurannya dengan cara di-crop dan di-resize ke ukuran 864x452 pixel agar bisa disesuaikan dengan template website.
  5. Foto di-compress (diperkecil) dengan cara mengubah ekstensi foto, dari .jpg menjadi .webp untuk meringankan loading foto saat dimuat pada artikel website.
  6. Foto di-upload ke server website dan kemudian disatukan dengan artikel yang telah ditulis sebelumnya.
  7. Konten berisi artikel dan foto diterbitkan pada website.

Permintaan Maaf Kepada Saudara Prim Deo

Pada sore hari tadi (19/7), kami mendapat informasi melalui kontak fanpage Flores POS terkait penggunaan foto dari akun @prim.deo. Pihak kami dianggap melakukan beberapa kesalahan, terutama tidak meminta izin sebelumnya kepada pemilik foto dan meng-crop foto sehingga keterangan asli pada foto hilang/terhapus.

Dengan ini pihak kami meminta maaf kepada saudara Prim Deo atas tindakan tersebut. Kami juga berterimakasih untuk komunikasi yang baik dengan saudara Prim Deo yang kemudian masih mengijinkan kami memuat 'foto asli' pada website florespos.id.

Beberapa masukan dari saudara Prim Deo dan rekan-rekan yang mengirimkan inbox ke fanpage Flores POS akan kami perhatikan ke depannya terutama terkait penggunaan media foto.

Dari kejadian ini, kami belajar untuk lebih berhati-hati, dan lebih dari itu, lebih peka untuk menghargai hasil karya cipta yang dimuat kembali melalui website florespos.id.

Bank Foto Instagram @florespos.id
Ke depannya, untuk mencegah agar kejadian yang sama tidak terulang lagi, pihak kami akan mengelola dan menjadikan instagram @florespos.id sebagai 'bank foto' tentang Flores - Indonesia.

Adapun foto-foto yang dimuat pada instagram tersebut adalah foto-foto yang telah mendapatkan ijin dari pemiliknya untuk di-repost serta dipakai sebagai konten media di www.florespos.id.

Akhir kata, kami dari redaksi www.florespos.id berterimakasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dan menyumbangkan saran serta kritik yang membangun demi kemajuan website ini.

Semoga dengan terus memperbaiki diri dan senantiasa memberikan yang terbaik bagi pembaca, visi florespos.id yakni untuk memperkenalkan Flores - Indonesia kepada sebanyak orang, dapat tercapai.*

Salam hangat dari kami,

Redaksi www.florespos.id

KOMENTAR

Nama

Artikel,8,Bacaan,1,Bidadari Pulau Bunga,1,Fakta Unik,10,Flores,16,Flores Cantik,5,Flores POS,12,Floresisme,10,Galeri,7,Ignas Iryanto,1,Indonesia,14,Jelajah,8,Kabar Warga,1,Komodo,2,Kopi Flores,4,Labuan Bajo,2,Maggarai Barat,1,Manggarai Tengah,1,Manggarai Timur,3,Nicholas Saputra,4,NTT,10,Opini,3,Peristiwa,19,Press Release,1,Redaksi,1,Tour de Flores,8,Trending Topic,32,Wisata,21,
ltr
item
Florespos.id: Dari Redaksi: Permintaan Maaf Kepada Saudara Prim Deo Untuk Penggunaan Foto Pada Artikel
Dari Redaksi: Permintaan Maaf Kepada Saudara Prim Deo Untuk Penggunaan Foto Pada Artikel
Tulisan ini merupakan bentuk ucapan permintaan maaf kepada saudara Prim Deo atas penggunaan foto pada salah satu artikel florespos.id
https://4.bp.blogspot.com/-S8tLaSe6ins/WW9o8255kBI/AAAAAAAAAbc/qA3-d6oKTGw3J4Pw_8qnKbgEjy4cJ-gwwCLcBGAs/s640/redaksi_flores_pos.webp
https://4.bp.blogspot.com/-S8tLaSe6ins/WW9o8255kBI/AAAAAAAAAbc/qA3-d6oKTGw3J4Pw_8qnKbgEjy4cJ-gwwCLcBGAs/s72-c/redaksi_flores_pos.webp
Florespos.id
http://www.florespos.id/2017/07/permintaan-maaf-kepada-saudara-prim-deo.html
http://www.florespos.id/
http://www.florespos.id/
http://www.florespos.id/2017/07/permintaan-maaf-kepada-saudara-prim-deo.html
true
240027915275159787
UTF-8
Semua postingan Belum ada postingan LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal Balas Delete Oleh Home HALAMAN POSTINGAN Lihat Semua Rekomendasi LABEL ARSIP SEARCH SEMUA POSTINGAN Tidak ditemukan postingan yang Anda cari Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Mgu Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Follower Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy