Tempat Wisata di Borong, Flores

BAGIKAN:

Inilah daftar tempat-tempat wisata di seputaran Borong, Kabupaten Manggarai Timur, Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur

Tempat Wisata di Borong, Manggarai Timur,Flores
Setelah sebelumnya membahas tentang tempat wisata di seputaran Ruteng - Flores, kali ini kita akan membahas tentang tempat-tempat wisata di seputaran Borong - Flores. Borong merupakan ibu kota kabupaten Manggarai Timur, Nusa tenggara Timur.

Dibanding kabupaten Manggarai dan kabupaten Manggarai Barat, kabupaten Manggarai Timur terhitung kabupaten yang paling muda. Kabupaten yang semula masih tergabung dengan kabupaten Manggarai tersebut baru diresmikan pada 17 Juli 2007.

Karenanya, sebagian besar tempat-tempat wisata yang ada di seputaran Borong belum banyak dikenal dibanding tempat-tempat wisata di seputaran Ruteng dan Labuan Bajo. Namun, Manggarai Timur juga memiliki sekian banyak tempat wisata yang tak kalah menarik.

Yuk, simak daftar tempat wisata di seputaran Borong yang menarik untuk dikunjungi.
[post_ads]

1. Danau Rana Mese

Wisata Danau Rana Mese
Danau Rana Mese | IG @deannabeauty
Danau Rana Mese berlokasi di Desa Golo Loni Kecamatan Borong, berada tepat di lintasan jalur jalan Negara yang menghubungkan kabupaten-kabupaten di pulau Flores. Danau Rana Mese berada di dalam wilayah hutan lindung dan dikelilingi oleh barisan pegunungan Mandosawu dan Poco Ranaka diantara wilayah kecamatan Borong dan Poco Ranaka.

Danau Rana Mese memiliki hutan tropis lebat yang mengitari danau sehingga membuat udara di sekitarnya sangat dingin. Tidak hanya keanekaragaman tumbuhan tropis, danau Rana Mese juga memiliki keanekaragaman biota bawah air.

Areal hutan di sekitar danau juga menjadi habitat bagi beberapa jenis hewan jenis mamalia besar, beberapa jenis burung migran, serta mamalia endemik seperti tikus raksasa (Papagomys Armandrillarei), tikus Poco Ranaka (Rattus Haenaldi), Kelewar Flores (Chypnoterus Nusa Tenggara) dan Burung Hantu Flores (Ooptus Alfredi).

2. Danau Rana Tonjong

Wsiata Danau Rana Tonjong
Danau Rana Tonjong | Goodnewsfromindonesia
Danau Rana Tonjong terletak di Desa Nanga Mbaling Kecamatan Sambi Rampas, sekitar 3 km utara Pota. Danau ini memiliki keunikan yakni ditumbuhi bunga teratai raksasa (Victoria Amazonica) atau disebut Tonjong dalam bahasa setempat.

Teratai ini tumbuh subur sepanjang tahun namun hanya berbunga sekali dalam setahun yaitu pada bulan April dan Mei. Adapun bunga teratai jenis ini tidak dapat tumbuh di tempat lain selain di danau Rana Tonjong.

Danau Rana Tonjong juga menjadi habitat bagi, ikan air tawar, katak dan ular sawah serta tempat mencari makan bagi burung angsa putih. Jadi, tidak heran apabila saat mengunjungi danau ini kita bisa melihat ular sawah, dan burung angsa putih di danau.

3. Danau Rana Kulan

wisata danau rana kulan
Danau Rana Kulan | Tribunnews
Danau Rana Kulan berada di dalam wilayah kecamatan Elar. Danau ini cukup besar memiliki luas sekitar 5 km2 dan kedalaman sekitar 30 m. Danau Rana Kulan memiliki panorama alam yang sangat menakjubkan dan masih sangat alami.

Danau ini kaya akan biota bawa air seperti ikan air tawar, udang dan belut. Karena itu danau Rana Kulan sering dijadikan sebagai tempat memancing ikan air tawar oleh masyarakat di sekitar danau.

Danau Rana Kulan dapat ditempuh dari Ruteng maupun dari Borong. Apabila berangkat dari Ruteng anda bisa menempuh perjalanan sepanjang 60km dengan waktu tempuh 2.5 jam. Sedangkan apabila melalui Borong, perjalanan anda menempuh jarak sekitar 90km dengan waktu tempuh sekitar 3.5 jam.

4. Gua Maria Cing Coleng

Wisata Gua Maria Cing Coleng
Gua Maria Cing Coleng | IG @frenkyhardiyanto
Gua ini menjadi tempat favorit para peziarah khususnya umat katholik yang datang dari berbagai daerah di Manggarai Raya. Gua Cingcoleng berjarak 3 km dari Benteng Jawa ibukota Kecamatan Lambaleda, tepatnya di wilayah adat Kampung Ketang Desa Tengku Leda.

Gua Cingcoleng memiliki dua lubang. Lubang pertama ada di sebelah kanan patung Maria yang memiliki panjang sekitar 2 km dan tembus ke gua alam Werwitu yang berada di bagian timur, namun sejauh ini pengunjung hanya bisa masuk sampai sejauh 600 meter karena lubang gua makin menyempit dan suhu yang dingin. Lubang kedua berada di sisi kiri patung Maria dengan panjang sekitar 300 meter.

Gua Cingcoleng menjadi habitat ribuan kelelawar, didalam gua terdapat mata air yang mengalir keluar dan menjadi sumber air. Sama halnya dengan gua-gua kebanyakan, stalagtit dan stalagmit menjadi pemandangan yang menambah keindahan gua ini.

5. Gua Alam Liang Toge

Wisata Gua Alam Liang Toge
Gua Alam Liang Toge | Tourism NTT
Liang Toge merupakan gua alam yang berada di dalam kawasan hutan di lereng gunung. Liang Toge berada di wilayah Kelurahan Lempang Paji, Kecamatan Elar. Dulu gua ini ditempati oleh nenek moyang dari suku Rajong, yang sekarang adalah warga di Kelurahan Lempang Paji dan sekitarnya.

Liang Toge dikenal karena tahun 1960 ditemukan fosil manusia purba oleh seorang arkeolog yang memperkirakan bahwa fosil tersebut berusia sekitar 2000-an tahun. Di sekitar Liang Toge terdapat belasan gua alam lain dan terdapat sebuah benteng yang hingga saat ini masih terpelihara dengan baik. Benteng ini disebut Benteng Rajong, yang merupakan pusat pertahanan dari masyarakat Suku Rajong jaman dahulu pada saat terjadi perang sipil.

Liang Toge memiliki keindahan stalagtit dan stalagmit yang sangat menakjubkan. Di mulut gua juga ditemukan sebuah batu yang menyerupai paruh burung. Konon batu ini merupakan tempat menaruh persembahan bagi warga di Kelurahan Lempang Paji, bila hendak melakukan ritual adat atau hajatan besar di kampung.

Masyarakat percaya bahwa Liang Toge merupakan tempat dimana leluhur mereka dulu pernah tinggal, danbahkan arwah nenek moyang mereka masih tetap bernaung di sana. Keunikan lain dari gua Liang Toge yaitu kawasan hutan di sekitar gua ini sama sekali tidak dijamah oleh penduduk lokal, sehingga keindahan dan keasrian hutan masih tetap terjaga.
[post_ads_2]

6. Gua Alam Liang Witu

wisata gua alam liang witu
Gua alam Liang Witu | Tourism NTT
Berada di Desa Pocolia, Kecamatan Poco Ranaka. Merupakan gua alam yang memiliki kedalaman hingga 1500 meter di dalam tanah. Mulut gua sangat lebar dan menganga seakan mengajak pengunjung untuk menjelajah kedalaman gua.

Di dalam gua terdapat banyak stalagtit yang bergelantungan di langit-langit dan stalagmit yang tumbuh bagaikan kristal yang mengerucut dari dasar gua. Liang Witu berada di lokasi yang strategis dan mudah dijangkau, karena hanya 100 meter dari jalan raya.

Apabila kita melangkahkan kaki ke dalam mulut gua, dari dalam gua terdengar bunyi kicauan kelelawar yang menjerit-jerit seakan-akan hendak berebutan untuk keluar dari mulut gua yang semakin kedalam semakin menyempit dan dingin. Tetesan air tanah dari langit-langit gua berdetak bak jarum jam ketika jatuh ke dalam kolam yang dangkal atau bebatuan andhesit yang berserakan.

7. Air Terjun Cunca Rede dan Cunca Ncuar

Air Terjun Cunca Rede dan Cunca Ncuar
Air terjun Cunca Rede | IG @nekynitbani
Air terjun Cunca Rede dan Cunca Ncuar berada di Desa Sano Lokom Kecamatan Borong. Kedua air terjun ini memiliki sumber air dari sungai yang sama namun kemudian terpisah pada bagian yang curam sehingga terbentuklah kedua air terjun ini.Dari dua air terjun ini mengalir air yang cukup deras dan sangat sejuk karena langsung dari tengah hutan.

Air terjun Cunca Rede memiliki tinggi 10 Meter sedangkan Cunca Ncuar memiliki tinggi 15 Meter. Pemandangan di sekeliling air terjun ini sangat menarik karena terdapat areal persawahan, dan kebun kopi milik warga di Dusun Nta'ur. Aktivitas yang dapat dilakukan di air terjun yaitu trecking, mandi di sungai, melihat aktivitas masyarakat di persawahan dan di areal kebun kopi.

8. Air Terjun Cuncang Ntangis dan Cuncang Wek

Air terjun Cuncang Ntangis | Tourism NTT
Cuncang (Air Terjun) Radi Ntangis dan Cuncang Wek, merupakan dua buah air terjun yang berlokasi di sebelah selatan Desa Ulu Wae, Kecamatan Poco Ranaka. Kedua air terjun ini menyimpan banyak keindahan yang tersembunyi diantara gugusan pegunungan dan rimbunan tanaman kopi.

Kedua air terjun ini terletak berdampingan dengan jarak 200 meter satu dengan yang lainnya. Cuncang Radi Ntangis di sebelah barat dan Cuncang Weg dibagian timur. dan kedua air terjun ini tepat di Golo (bukit) Lalong yang membentang di sebelah timur ruas jalan kabupaten menuju ke Elar.

Desa Ulu Wae dikenal sebagai penghasil kopi Arabika dan Robusta. Perjalanan menuju Desa Ulu Wae dapat ditempuh dalam waktu 2 jam dari Borong ibu kota Manggarai Timur, dengan kondisi jalan berliku di sepanjang jalan yang dilalui kita akan disuguhi pemandangan yang indah dan hijaunya kebun kopi warga dengan udara pegunungan yang sejuk.

9. Gunung Poco Ndeki

Wisata Gunung Poco Ndeki
Gunung Poco Ndeki | IG @afri_awan
Gunung Poco Ndeki menghadirkan pesona wisata petualangan yang sangat menarik dan menantang. Keberadaan Gunung Poco Ndeki yang terletak di sekitar kota Borong menghadirkan pesona tersendiri. Selain pesona hutan yang kaya dengan varietas tumbuhan dan ragam satwa tropi, Gunung Poco Ndeki juga memiliki pesona wisata budaya yang tersembunyi di balik rimbunan pepohonan.

Di sana terdapat sebuah situs kampung tua suku Motu Poso yang sekarang menempati kampung Sere dan Kisol. Selain itu terdapat Watu Embu Kodi Haki atau batu laki-laki yang menyerupai alat kelamin laki-laki dan Watu Embu Kodi Fai atau batu perempuan yang menyerupai alat kelamin wanita.

Pendakian menuju puncak Gunung Poco Ndeki dimulai dari kampung Sere, Kelurahan Tanah Rata, yang berjarak sekitar 10 km dari kota Borong. Jalur pendakian yang dilalui adalah jalur jalan setapak yang cukup menantang dan mendaki melalui perbukitan yang cukup terjal dengan kemiringan hingga 450. Pendakian menuju puncak Poco Ndeki membutuhkan waktu sekitar 3.5 jam dan menempuh jalur trecking sepanjang 4.5km.

10. Mata Air Panas Rana Masak

Wisata Mata Air Panas Rana Masak
Mata air panas Rana Masak | Tourism NTT
Mata Air Panas Rana Masak terletak di Desa Ngampang Mas Kecamatan Borong, tepatnya 25 km arah utara Borong. Bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan bermotor roda dua dan roda empat dalam waktu satu jam. Luas areal mata air panas sekitar 1 hektar,dengan dominasi pemandangan persawahan penduduk dan pegunungan hijau yang memberikan kesejukan tersendiri. Mata air panas ini memiliki tiga titik mata air, dengan panas mencapai 40ยบ c yang mampu mematangkan telur ayam dalam waktu 15 menit.

Mata air panas Rana Masak bisa ditempuh dalam waktu 45 menit dari Borong dengan menggunakan kendaraan bermotor roda dua atau roda empat, namun kendaraan tersebut hanya sampai ke kampung Turak. Dari Turak jalan yang dilalui hanya jalan setapak dengan waktu tempuh 15 menit. Jalan alternative lainnya adalah dengan menyusuri pinggiran kali Wae Bobo, dengan berjalan kaki perjalanan butuh waktu sekitar 1,5 jam melewati kebun warga dan persawahan dengan udara yang sejuk dan menyegarkan.

11. Mata Air Panas Rana Roko

Wisata Mata Air Panas Rana Roko
Mata air panas Rana Roko | Tourism NTT
Merupakan sumber mata Air Panas Alami yang mengalir di sebuah dataran rendah. Mata air panas Rana Roko belum dikembangkan sebagai obyek wisata, namun memiliki potensi yang cukup bagus karena sangat dekat dari jalan raya Trans Flores dan dari kota Borong. Rana Roko terletak di Dusun Tanggo, Kelurahan Kota Ndora kecamatan Borong.

Mata Air Panas Rana Roko ini berjakarak 3 km dari ibukota Kabupaten Manggarai Timur dan dapat ditempuh dalam waktu 15 menit dengan berkendaraan. Mengingat potensi yang dimiliki dan lokasi yang sangat strategis, mata air panas Rana Roko sangat potensial untuk dikembangkan sebagai pusat pemandian air panas alami (natural spa) dan menjadi obyek dan daya tarik wisata andalan di Kabupaten Manggarai Timur.

12. Pantai Cepi Watu

wisata pantai cepi watu
Pantai Cepi Watu | @etyck_1408
Pantai Cepi Watu berada di Desa Nanga Labang, Kecamatan Borong, sekitar 3 km dari kota Borong, Ibukota Kabupaten Manggaraai Timur. Pantai Cepi Watu memiliki hamparan pasir putih di sepanjang bibir pantai yang membentang sepanjang 3.5 km dari arah barat sampai ke timur hingga ke muara sungai Wae Bobo.

Pantai ini cukup unik karena pada musim barat sebagian bibir pantai di bagian barat dipenuhi oleh hamparan batu, namun pada musim timur pantai ini kembali ditutupi oleh pasir putih. Hamparan bebatuan yang sangat banyak di pantai ini kemudian yang menjadi dasar penamaan pantai ini, Cepi Watu. Keunikan lain yang dimiliki yaitu di bibir pantai di bagian barat terdapat mata air tawar yang mengalir dari antara bebatuan.

Rimbunnya pepohonan di sepanjang pantai membuat udara terasa sangat sejuk dan segar. Pada hari libur pantai ini banyak dikunjungi oleh wisatawan untuk berenang, memancing, bermain di pantai atau sekedar menikmati udara segar dan pemandangan pantai bersama keluarga dan teman-teman.

13. Pantai Mbalata

Wisata Pantai Mbalata
Wisata Pantai Mbalata | Tourism NTT
Pantai Mbalata menawarkan pesona pantai berpasir putih, laut biru yang jernih, alam pegunungan dan padang penggembalaan yang terbentang luas hingga ke bibir pantai. Perpaduan alam yang indah ini menjadikan pantai Mbalata sangat diminati oleh wisatawan. Hamparan pasir di sepanjang bibir pantai membentang sepanjang 5 km dari arah timur hingga ke muara sungai wae Wole di sebelah barat.

Sebelum memasuki kawasan pantai, pengunjung akan dimanjakan oleh pemandangan indah di areal persawahan yang diselingi oleh barisan pepohonan lontar di antara pematang sawah dan aktivitas petani yang sedang bekerja di sawah. Aktivitas yang dapat dilakukan antara lain di pantai Mbalata, berenang, berselancar, memancing, dan bermain di pantai. Saat ini di Mbalata telah tersedia 5 buah cottages yang dikelola oleh pihak swasta untuk wisatawan yang hendak menginap.

14. Pantai Watu Pajung

Wisata Pantai Watu Pajung
Pantai Watu Pajung | budparmatimbychristian79
Berada sekitar 10 km di sebelah timur Pota kota Kecamatan Sambi Rampas. Memiliki hamparan pasir putih di sepanjang pantai, di beberapa bagian terdapat batu karang yang berdiri anggun & kokoh membelakangi perbukitan yang hijau ditumbuhi pepohonan. Di bagian timur Watu Pajung terdapat padang yang cukup luas, sementara di bagian barat terdapat lahan persawahan milik warga setempat.

Kombinasi alam nan indah ini membuat Watu Pajung sangat menakjubkan. Dinamai Watu Pajung karena di tepi pantai terdapat sebuah batu karang yang berdiri menghadap ke laut, menyerupai payung yang sedang mengembang. Dalam bahasa Manggarai Watu berarti batu dan Pajung berarti Payung. Batu ini berwarna hitam, diatasnya ditumbuhi pohon benalu.

Perairan di pantai ini umumnya tenang dan sangat cocok untuk aktivitas seperti berenang, snorkeling dan diving. Waktu yang tepat untuk berkunjung adalah pada sore hari saat matahari terbenam dimana semburan sinar matahari yang berwarna kuning kemerahan menyapu bibir pantai yang mengkilat dan membuat batu karang berwarna kuning keemasan memamerkan pesona pantai yang sangat indah.

15. Teluk Nanga Lok

Wisata Teluk Nanga Lok
Teluk Nanga Lok | awalnya.blogspot.co.id
Teluk Nanga Lok adalah teluk yang terpanjang di wilayah Kabupaten Manggarai Timur, pulau Flores propinsi Nusa Tenggara Timur dengan panjang mencapai 2000 meter. Teluk Nanga Lok berada di perbatasan Desa Nanga Mbaur Kecamatan Sambi Rampas dan Desa Golo Lijun kecamatan Elar kabupaten Manggarai Timur.

Teluk Nanga Lok bagaikan surga dengan pemandangan yang eksotis khas daratan dan pantai Nusa Tenggara Timur. Tidak ada pantai lain di Indonesia yang memiliki kekahsan pemandangan pantai. Pemandangan pantai dengan latar belakang padang savana ini memberi kesan seakan Anda berada di negeri yang berbeda. Dan Pemandangan in membuat Anda tak jemu-jemu untuk menikmati karya cipta sang Ilahi.

Perpaduan rumput yang menguning, pasir yang putih dan laut biru memberikan pemandangan bentang alam yang luar biasa. Sejak Anda bisa melupakan kepenatan hidup. Tak heran bila ada wisatawan yang penah datang menyebut tempat ini sebagai serpihan surga yang tertinggal di bumi Flores, NTT.

---
*Catatan:
Demikianlah ragam tempat wisata yang bisa dikunjungi di seputaran Borong, Manggarai Timur, Flores, NTT. Adapun artikel ini merupakan artikel rintisan untuk memperkenalkan destinasi wisata di NTT.

Sebagian sebagian besar data artikelnya disumberkan dari website pemerintah daerah Nusa Tenggara Timur. Dalam beberapa waktu ke depan, FLORESPOS.ID akan meramu kembali artikel rintisan ini agar lebih menarik dan informatif bagi pembaca.

KOMENTAR

Nama

Artikel,8,Bacaan,1,Bidadari Pulau Bunga,1,Fakta Unik,10,Flores,16,Flores Cantik,5,Flores POS,12,Floresisme,10,Galeri,7,Ignas Iryanto,1,Indonesia,14,Jelajah,8,Kabar Warga,1,Komodo,2,Kopi Flores,4,Labuan Bajo,2,Maggarai Barat,1,Manggarai Tengah,1,Manggarai Timur,3,Nicholas Saputra,4,NTT,10,Opini,3,Peristiwa,19,Press Release,1,Redaksi,1,Tour de Flores,8,Trending Topic,32,Wisata,21,
ltr
item
Florespos.id: Tempat Wisata di Borong, Flores
Tempat Wisata di Borong, Flores
Inilah daftar tempat-tempat wisata di seputaran Borong, Kabupaten Manggarai Timur, Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur
https://3.bp.blogspot.com/-7SwGmlT7rIU/WXpyiApzCdI/AAAAAAAAAkE/UGyruZgFDnURal5BAAB3QuIoBpAp9E60gCLcBGAs/s640/borong%2Bmanggarai%2Btimur.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-7SwGmlT7rIU/WXpyiApzCdI/AAAAAAAAAkE/UGyruZgFDnURal5BAAB3QuIoBpAp9E60gCLcBGAs/s72-c/borong%2Bmanggarai%2Btimur.jpg
Florespos.id
http://www.florespos.id/2017/07/tempat-wisata-di-borong-flores.html
http://www.florespos.id/
http://www.florespos.id/
http://www.florespos.id/2017/07/tempat-wisata-di-borong-flores.html
true
240027915275159787
UTF-8
Semua postingan Belum ada postingan LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal Balas Delete Oleh Home HALAMAN POSTINGAN Lihat Semua Rekomendasi LABEL ARSIP SEARCH SEMUA POSTINGAN Tidak ditemukan postingan yang Anda cari Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Mgu Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Follower Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy