Tempat Wisata di Ruteng, Flores

BAGIKAN:

Inilah daftar tempat-tempat wisata di seputaran Ruteng, Kabupaten Manggarai - Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur


Tempat -tempat Wisata di Ruteng, Flores

Setelah sebelumnya membahas tentang tempat wisata di seputaran Labuan Bajo, Flores, kali ini kita akan membahas tentang Tempat-tempat Wisata di seputaran Ruteng, Flores. Ruteng merupakan ibu kota kabupaten Manggarai, Nusa tenggara Timur.

Berbeda dengan Labuan Bajo yang kaya dengan 'wisata pulau dan pantai', kota yang terletak di wilayah pegunungan punya ciri khas tersendiri. Ruteng yang juga dijuluki 'Kota Dingin namun Hangat', tak kalah ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara setiap tahunnya.

Lalu, apa saja tempat wisata di seputaran Ruteng yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan? Yuk kita simak ulasannya satu per satu.

1. Kampung Wae Rebo


Tempat Wisata Kampung Wae ReboCredit: @megan_klasik

Wae rebo adalah sebuah kampung tradisional yang letaknya di kecamatan Satarmese Barat, kabupaten Manggarai. Kampung ini sangat terpencil dan berada di puncak gunung dan sering dijuluki ‘kampung di atas awan’.

Secara geografis kampung Wae Rebo terletak diatas ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut. Kampung ini merupakan bagian dari Desa Satar Lenda, Kecamatan Satarmese, Kabupaten Manggarai, Flores.

Di kampung Wae Rebo, wisatawan akan mendapat kesempatan untuk melihat dan tinggal di Mbaru Niang, rumah tradisional Manggarai - Flores.

[next]

2. Liang Bua


Tempat Wisata Liang BuaCredit: @Gay Mitra Emami

Liang Bua merupakan peninggalan pra sejarah di Indonesia. Liang Bua dalam bahasa Manggarai berarti “gua/lubang sejuk”. Gua ini terletak di Dusun Rampasasa, Desa Liangbua, Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Situs Gua Liang Bua adalah salah satu situs arkeologi penting dunia. Di situs inilah ditemukan fosil Homo Floresiensis atau Manusia Flores. Tinggi badan manusia Flores sekitar 100 cm dan beratnya hanya 25 kg.

Tengkorak manusia kerdil ini ditemukan seukuran buah jeruk dan diperkirakan hidup 13.000 tahun lalu. Mereka hidup bersama-sama dengan gajah-gajah pigmi dan kadal-kadal raksasa seperti komodo.

[next]

3. Lingko Cara, Cancar


Tempat Wisata Lingko Cara, CancarCredit: @Cabrini Asteriska

Sawah Lingko Cara yang berbentuk mirip dengan jaring laba-laba ini merupakan salah satu ikon Pulau Flores yang menarik untuk dikunjungi. Lokasinya yang berada dipinggir jalan utama Pulau Flores menjadikan tempat ini menjadi tujuan wisata paling mudah dikunjungi jika melakukan perjalanan darat dari Labuan Bajo maupun Ruteng.

Jika ditempuh dari Ruteng, ibukota Kabupaten Manggarai, Lingko Cara bisa ditempuh dalam waktu 30 menit. Sedangkan dari Labuan Bajo membutuhkan waktu 3 jam lebih untuk mencapai lokasi ini. Untuk melihat sawah ini, kita harus menaiki bukit. Dari atas bukit, kamu bisa puas memandangi sawahnya dan mengabadikan ke dalam kamera.
[next]


4. Kampung Todo


Tempat Wisata Kampung TodoCredit: @Linda Patimasang

Terletak di Desa Todo, Kec. Satar Mese Barat, Kab. Manggarai, Kampung tua yang memiliki halaman yang dikelilingi batu tersusun rapi merupakan asal muasal kerajaan Manggarai. Di sini terdapat Rumah Adat (Niang) bernama “NIANG WOWANG”, Tambur Kecil yang terbuat dari kulit perut seorang gadis (Loke Nggerang) dan meriam-meriam kuno.

Satu-satu ciri khas kampung Todo adalah Niang Todo, sebuah rumah adat berbentuk bundar beratap jerami yang diketahui merupakan istana raja Todo tempo dulu. Menyaksikan wisata budaya salah satunya atraksi bela diri tradisional yang dikenal dengan nama Caci.
[next]


5. Mata Air Panas dan Gas Alam Ulumbu


Tempat Wisata Mata Air Panas dan Gas Alam UlumbuCredit: @Dewi Ayu R.S

Daerah Ulumbu di Desa Wewo, Kecamatan Satar Mese, kabupaten Manggarai ini merupakan sumber mata air panas dan gas alam terbesar di Nusa Tenggara Timur. Butuh waktu satu hingga dua jam untuk ke Ulumbu, yang letaknya sekitar 23 Km dari Ruteng, ibu kota Kabupaten Manggarai.

Tepat berada di tengah kawasan hutan lindung, Ulumbu dijadikan sumber pembangkit tenaga listrik (tenaga gas bumi/Geothermal), kamu dapat menyaksikan kepulan asap putih pada banyak titik, air mendidih yang berlumpur dengan belerang kekuning-kuningan bahkan merasakan langsung sengatan air dan bebatuan panas.

[next]

6. Torong Besi


Tempat Wisata Torong BesiCredit: @Yosephine Joana

Pantai Torong Besi umum dikenal sebagai tempat wisata rohani umat Katolik di keuskupan Ruteng dan sekitarnya. Ada tiga keunikan wisata Torong Besi. Pertama adalah Gua Patung Bunda Perawan Maria yang terletak di atas bukit yang selalu dikunjungi dan dijadikan tempat berdoa bagi umat Katolik.

Kedua adalah Gereja Tua yang dibangun di pinggir pantai oleh misionaris Belanda sebagai tempat ibadat umat Katolik. Ketiga, panorama pantai yang fantastis yang dihiasi oleh pasir putih indah sepanjang pantai dengan Laut Flores di depannya.

Torong Besi terletak di Kelurahan Wangkung, Kecamatan Reok dengan jarak 75 km dari pusat kota Ruteng dan dapat dijangkau dengan kendaraan umum atau kendaraan sewaan dengan waktu tempuh 3 jam.

[next]


7. Pulau Mules


Tempat Wisata Pulau MulesCredit: @Fristiady Marta

Tampak dari kejauhan, Pulau Mules menyerupai seorang putri yang tidur telentang di atas laut beralaskan rerimbunan hijau yang berada di sekitarnya. Karena hal inilah, warga sekitar juga sering menyebut pulau ini dengan nama Pulau Putri Tidur.

Pulau Mules terletak di Desa Dintor, Kecamatan Satarmese Barat, Kabupaten Manggarai. Menuju Pulau Mules dari pusat Desa Dintor adalah dengan menaiki perahu yang disewa untuk bisa berkeliling. Alternatif lain adalah dengan menaiki kapal penumpang dengan membayar sekitar 25.000.

[next]

8. Pantai Wae Maras


Tempat Wisata Pantai Wae MarasCredit: @ira_simprosa

Pantai yang terletak di Desa Cambir Leca, Kecamatan Satarmese Barat, Kabupaten Manggarai-Flores ini memang selalu menawarkan pesona alam nan indah. Pantai ini berjarak sekitar 110 km arah selatan kota Ruteng, ibu kota Kabupaten Manggarai.

Pantai Wae Maras merupakan pantai yang belum terekspos oleh media baik itu majalah, surat kabar, dan media online lainnya. Pantai ini sangat indah, pasirnya berwarna putih, dan air lautnya jernih. Tiap sore penduduk lokal banyak yang berenang, ombaknya sangat besar sehingga menantang adrenalin untuk surfing dipantai Wae Maras.

[next]

9. Kampung Ruteng Pu’u


Tempat Wisata Kampung Ruteng Pu’uCredit: @jefriteping

Kampung tradisional Ruteng Pu’u terletak di Kelurahan Golo Dukal, merupakan desa tua dengan halaman bundar yang dikelilingi batu tersusun rapi dan di tengah kampung terdapat Compang (mezbah/altar) sebagai tempat peletakan persembahan saat upacara adat.

Mbaru gendang, rumah tempat tinggal setiap klen dan tempat menyimpan gong dan gendang terletak ditengah kampung. Dikelilingi pepohonan rindang (haju Ruteng) sehingga nenek moyang menamainya Beo Ruteng Pu’u. Tiga sumber air mengapitnya yakni, Wae Lideng, Wae Moro, dan Wae Namut.

[next]

10. Gunung Ranaka


Tempat Wisata Gunung RanakaCredit: @Gratianowidi

Gunung Ranaka adalah sebuah gunung berapi yang terletak di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timut. Gunung yang tingginya sekitar 2140 meter merupakan gunung yang sering didaki pengunjung.

Lokasi gunung ini dapat dikunjungi menumpang kendaraan pribadi ataupun bus umum yang menuju ke timur Flores. Perjalanan pendakian gunung ini sejauh sekitar sepanjang 9 Km sampai puncak gunung ini.

Gunung Ranaka tercatat terakhir kali meletus pada 11 Januari 1988 dengan ketinggian asap sekitar 8.000 meter dan juga disertai awan panas yang mengarah ke Wae Reno dan Wae Teko di sebelah utara gunung api itu.

[next]


11. Air Terjun Cunca Lega


Tempat Wisata Air Terjun Cunca LegaCredit: @Weta Molas

Air Terjun Cunca Lega atau lebih terkenal dengan sebutan Tengku Lese, merupakan air terjun dua tingkat dengan ketinggian kurang lebih 25 meter. Dikelilingi oleh hutan subur dan sawah yang terlihat dari kejauhan.

Air terjun Tengku Lese dapat dicapai dengan cara mendaki dari Desa Nanu, setelah itu berjalan selama sekitar 2.5 km dengan panorama yang indah, bukit-bukit hijau nan rimbun, susunan sawah bertingkat, dan petani membajak tanah dengan kerbau mereka. Sesampainya di kaki air terjun, anda akan dijamu dengan pemansangan air terjun dua tingkat hati seakan runtuh dari ketinggian 25m dengan suara guruh menderu serta sinar cahaya yang membiaskan pelangi kecil.

[next]

12. Golo Curu


Tempat Wisata Golo CuruCredit: @Riska Damayanti

Ditilik dari makna katanya, Golo ialah bukit/kampung, sedangkan Curu bisa berarti jemput atau nama sebuah suku yang pernah mendiami bukit ini. Golo Curu adalah bukit kecil terdapat “Gua Bunda Maria” merupakan tempat ziarah dan doa umat Kristiani. Tempat yang tepat untuk menyaksikan keindahan Kota Ruteng.

Apabila ingin mengabadikan momen matahari terbit dan melihat gumpalan awan bisa dilakukan dari atas bukit ini. Jika ingin melihat matahari terbit (sunrise) sebaiknya datang ketempat ini sebelum jam 6 (sebelum matahari terbit), karena anda akan melihat pemandangan sunrise dari balik bukit.

[next]


13. Kota Ruteng


Tempat Wisata Kota RutengCredit: @Barcelona est. 1899

Berkunjung ke Ruteng sendiri akan membawa anda ke sebuah tempat yang berhawa cukup dingin namun ketika dirasakan akan cukup hangat dan tidak terlalu menusuk tulang. Kota seperti ini biasanya berada di negara-negara Eropa seperti kota Praha, Ceko.

Hawa dingin di kota Ruteng ini tetap terasa meski sudah memasuki waktu siang hari yang memiliki cahaya matahari cukup terik. Kota Ruteng sendiri adalah sebuah kota kecil yang bisa dicapai dari Labuhan Bajo sejauh 126 Km. Di kota kecil ini anda akan ditawarkan keindahan dataran tinggi yang masih sangat alami dengan hamparan tumbuhan hijau yang tersebar hampir di setiap tempat di kota kecil ini.

Pemukiman di kota Ruteng ini sudah tergolong cukup padat namun tidak terlalu sesak. Di kota Ruteng ini rata-rata hampir 85% populasinya penduduknya adalah beragama kristen katolik. Jadi tidak heran jika di kota ini akan mudah ditemui sejumlah gereja-gereja yang tersebar di beberapa lokasi. Dan yang paling unik adalah sebuah katerdal utama di kota Ruteng ini memiliki bentuk sangat megah dan memiliki arsitektur khas Eropa.

---

*Catatan:
Demikianlah ragam tempat wisata yang bisa dikunjungi di Ruteng, Manggarai, Flores, NTT. Adapun artikel ini merupakan artikel rintisan untuk memperkenalkan destinasi wisata di NTT.

Sebagian sebagian besar data artikelnya disumberkan dari website pemerintah daerah Nusa Tenggara Timur. Dalam beberapa waktu ke depan, FLORESPOS.ID akan meramu kembali artikel rintisan ini agar lebih menarik dan informatif bagi pembaca.

KOMENTAR

Nama

Artikel,8,Bacaan,1,Bidadari Pulau Bunga,1,Fakta Unik,10,Flores,16,Flores Cantik,5,Flores POS,12,Floresisme,10,Galeri,7,Ignas Iryanto,1,Indonesia,14,Jelajah,8,Kabar Warga,1,Komodo,2,Kopi Flores,4,Labuan Bajo,2,Maggarai Barat,1,Manggarai Tengah,1,Manggarai Timur,3,Nicholas Saputra,4,NTT,10,Opini,3,Peristiwa,19,Press Release,1,Redaksi,1,Tour de Flores,8,Trending Topic,32,Wisata,21,
ltr
item
FLORESPOS.ID: Tempat Wisata di Ruteng, Flores
Tempat Wisata di Ruteng, Flores
Inilah daftar tempat-tempat wisata di seputaran Ruteng, Kabupaten Manggarai - Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur
https://4.bp.blogspot.com/-GBf1k--7rB0/WWn6-BM5dOI/AAAAAAAAAZw/piPGYfK4ZCsp_4a1EaCsN0rzijXqRclNACLcBGAs/s640/tempat_wisata_di_ruteng_flores.webp
https://4.bp.blogspot.com/-GBf1k--7rB0/WWn6-BM5dOI/AAAAAAAAAZw/piPGYfK4ZCsp_4a1EaCsN0rzijXqRclNACLcBGAs/s72-c/tempat_wisata_di_ruteng_flores.webp
FLORESPOS.ID
http://www.florespos.id/2017/07/tempat-wisata-di-ruteng-flores.html
http://www.florespos.id/
http://www.florespos.id/
http://www.florespos.id/2017/07/tempat-wisata-di-ruteng-flores.html
true
240027915275159787
UTF-8
Semua postingan Belum ada postingan LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal Balas Delete Oleh Home HALAMAN POSTINGAN Lihat Semua Rekomendasi LABEL ARSIP CARI SEMUA POSTINGAN Tidak ditemukan postingan yang Anda cari Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Mgu Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Follower Follow KONTEN PREMIUM Bagikan untuk buka kunci Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy