Flores Akan Jadi Pusat Penerapan Energi Baru Terbarukan

BAGIKAN:

Dirjen EBTKE Kementerian ESDM menyebutkan, Flores akan menjadi pusat penerapan Energi Baru Terbarukan (EBT) berbentuk panas bumi (geothermal).

Flores Akan Jadi Pusat Penerapan Energi Baru Terbarukan
Pulau Flores akan menjadi pusat penerapan Energi Baru Terbarukan (EBT) berbentuk panas bumi (geothermal). Hal itu disampaikan Dirjen Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM, Rida Mulyana usai pembukaan Indonesia International Geothermal Convention and Exhibition (IIGCE 2017) ke-5 di Jakarta, Rabu (2/8).

(Baca juga: Flores Ditetapkan Sebagai Pulau Panas Bumi)

"Kita bercita-cita menjadikan Flores sebagai pulau percontohan yang keseluruhan energinya suatu saat nanti itu datang dari energi yang terbarukan. Dalam hal ini adalah geotermal dan pulau itu punya potensi yang sangat besarkan, 800 MW dibandingkan dengan permintaannya di sana. Akan menjadikan Flores sebagai percontohan penggunaan energi bersih khususnya geotermal," ungkap Rida seperti dikutip beritasatu.com.

Meski tidak menyebutkan rinci kapan hal tersebut akan dilaksanakan, Rida mengungkapkan, sejauh ini pencanangannya telah dilakukan. Salah satu proyek panas bumi yang mulai dikembangkan pemerintah, lanjutnya, adalah proyek Wai Sano, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT).
[post_ads]
Wakil Ketua DPR Agus Hermanto juga menambahkan, pengembangan pemanfaatan panas bumi tidak hanya akan sebatas menjadi sumber energi tetapi juga akan dikembangkan dari sisi pariwisata semisal geopark atau wisata pemandian air panas.

"Selain menggunakannya untuk sumber energi listrik, kita juga ingin menampilkan geopark yang ada dengan hasil sampingan dari geothermal di Flores itu. UU nya, PP nya ini sudah ada, itu nanti juga harus dikembangkan untuk memberikan kesejahteraan pada masyarakat di sekitarnya," terang Agus.

(Baca juga: Ireni Alexandria Garu Jadi Putri Wisata NTT 2017)

IIGCE merupakan acara yang diselenggarakan Asosiasi Panas Bumi Indonesia (API) di akarta Convention Center dan akan berlangsung sejak tanggal 2 hingga 4 Agustus 2017. Pembukaan acara yang mengusung tema “Moving forward under Current Challenges, Obstacles and Oppurtunities toward Achieving Geothermal Development 2025 Target" ini juga dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Menteri ESDM Ignasius Jonan.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Presiden Jusuf Kalla menyaksikan penyerahan Surat Keputusan Menteri ESDM tentang Penetapan Pulau Flores sebagai Pulau Panas Bumi serta tiga izin panas bumi (IPB) kepada Gubernur NTT, Frans Lebu Raya.
[post_ads_2]
*Beritasatu/Kumparan/Metrotvnews via FLORESPOS.ID

KOMENTAR

Nama

Artikel,8,Bacaan,1,Bidadari Pulau Bunga,1,Fakta Unik,10,Flores,16,Flores Cantik,5,Flores POS,12,Floresisme,10,Galeri,7,Ignas Iryanto,1,Indonesia,14,Jelajah,8,Kabar Warga,1,Komodo,2,Kopi Flores,4,Labuan Bajo,2,Maggarai Barat,1,Manggarai Tengah,1,Manggarai Timur,3,Nicholas Saputra,4,NTT,10,Opini,3,Peristiwa,19,Press Release,1,Redaksi,1,Tour de Flores,8,Trending Topic,32,Wisata,21,
ltr
item
FLORESPOS.ID: Flores Akan Jadi Pusat Penerapan Energi Baru Terbarukan
Flores Akan Jadi Pusat Penerapan Energi Baru Terbarukan
Dirjen EBTKE Kementerian ESDM menyebutkan, Flores akan menjadi pusat penerapan Energi Baru Terbarukan (EBT) berbentuk panas bumi (geothermal).
https://4.bp.blogspot.com/-tRznK2aBScY/WYHNrAHe5zI/AAAAAAAAAvs/ZoXo5c1FNmAClzzn2LsGigzzuUTptIrWgCLcBGAs/s640/flores%2B%2Bsebagai%2Bpulau%2Bpanas%2Bbumi%2B.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-tRznK2aBScY/WYHNrAHe5zI/AAAAAAAAAvs/ZoXo5c1FNmAClzzn2LsGigzzuUTptIrWgCLcBGAs/s72-c/flores%2B%2Bsebagai%2Bpulau%2Bpanas%2Bbumi%2B.jpg
FLORESPOS.ID
http://www.florespos.id/2017/08/flores-akan-jadi-pusat-penerapan-energi-terbarukan.html
http://www.florespos.id/
http://www.florespos.id/
http://www.florespos.id/2017/08/flores-akan-jadi-pusat-penerapan-energi-terbarukan.html
true
240027915275159787
UTF-8
Semua postingan Belum ada postingan LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal Balas Delete Oleh Home HALAMAN POSTINGAN Lihat Semua Rekomendasi LABEL ARSIP CARI SEMUA POSTINGAN Tidak ditemukan postingan yang Anda cari Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Mgu Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Follower Follow KONTEN PREMIUM Bagikan untuk buka kunci Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy