Menko Luhut Resmikan Peluncuran Komik Si Juki

BAGIKAN:

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut B. Pandjaitan meresmikan peluncuran komik "Si Juki" dan buku non fiksi berjudul “Melancong ke Laut” dan “Tata Kelola Pariwisata Maritim Indonesia” di Jakarta, Jumat (21/6) yang membahas tentang isu kemaritiman.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan. Foto: Humas Kemenko Maritim.

Jakarta, Florespos.id - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut B. Pandjaitan meresmikan peluncuran komik "Si Juki" dan buku non fiksi berjudul “Melancong ke Laut” dan “Tata Kelola Pariwisata Maritim Indonesia” di Jakarta, Jumat (21/6) pekan lalu. Ketiga buku tersebut membahas tentang tema kemaritiman.

“Tadi saya di brief oleh Pak Agung (Deputi Bidang Koordinasi SDA dan Jasa) tentang "Si Juki" (komik), tapi setelah saya lihat detail ini barang ternyata penting untuk pelestarian pariwisata kita,” kata Menko Luhut saat memberikan sambutan pada acara peluncuran buku.

Menurutnya, merupakan hal yang krusial untuk memberikan pemahaman tentang kemaritiman kepada masyarakat terutama kalangan muda. “Jangan sampai anak-anak kita tidak tahu tentang laut padahal kita adalah negara kepulauan terbesar di dunia,” tuturnya.

Kepada penulis Komik, Faza Meonk, Menko Luhut mengemukakan apresiasinya yang besar karena telah membantu pemerintah untuk memberikan wawasan kemaritiman kepada publik dengan cara yang mudah dipahami. Namun demikian, dia mengingatkan tentang perlunya evaluasi setelah penerbitan komik yang kedua kalinya ini.

“Tolong kita ukur bagaimana dampaknya kepada masyarakat, misalnya apakah perlu perbaikan narasi atau gambar sehingga penulis bisa menyesuaikan dengan respon masyarakat,” tambahnya.

Dengan evaluasi ini, Menko Luhut berharap agar tujuan diterbitkannya komik "Si Juki" yang berjudul “Si Juki Seri Jalan-Jalan Nusantara: Petualangan di Labuan Bajo-Flores” dan “Si Juki Seri Jalan-Jalan Nusantara: Petualangan di Belitung” ini dapat direspon dengan baik oleh publik.

“Kalau ini berhasil, kita bisa buat komik yang lain, misalnya soal keanekaragaman atau kebersihan lingkungan,” usul Menko Luhut.

Tema-tema tentang keanekaragaman, tambah Menko Luhut masih sangat perlu untuk diangkat karena konflik antar suku atau golongan sangat rentan memecah belah stabiltas keamanan dalam negeri.

Menko Luhut pun menandaskan, hal yang penting juga adalah memberikan wawasan dan pemahaman tentang pentingnya menjaga kebersihan laut bagi anak-anak.

“Kita bisa buat cerita tentang  Si Juki, yang mengajarkan misalnya jangan buang sampah ke laut karena urusan kebersihan ini lebih urgent dan tidak ada sangkut pautnya dengan kamu agamanya apa atau sukunya apa, ini masalah bersama,”katanya.

Demi kepentingan bersama, pada saat peluncuran tersebut Menko Luhut meminta agar media lebih banyak mempublikasikan mengenai upaya-upaya menjaga kebersihan.

Masih tentang kebersihan, Menko Luhut sempat menyebutkan tentang perkembangan upaya pemerintah dalam melakukan konservasi dan penanganan pencemaran Sungai Citarum di Jawa Barat.

“Kita telah mendapatkan dana sebesar US$100 juta dari World Bank yang 80 persen diantaranya untuk perbaikan infrastruktur di sepanjang Citarum dan 20 persen atau US$20 juta sisanya untuk peningkatan kualitas SDM seperti pelatihan, dll,” jelasnya.

Kali ini, Menko Luhut mengatakan pemerintah akan fokus menangani Citarum secara khusus untuk kemudian menjadikannya proyek percontohan bagi penanganan pencemaran sungai di wilayah Indonesia yang lain.

Pada kesempatan yang sama, Deputi Bidang Koordinasi SDA dan Jasa Kemenko Bidang Kemaritiman Agung Kuswandono menyebutkan bahwa buku-buku yang merupakan hasil kerja sama Kemenko Bidang Kemaritiman dan Elex Media ini disusun untuk memenuhi kebutuhan referensi tentang kemaritiman.

“Kita akan buat 10 komik Si Juki yang akan menceritakan tentang 10 destinasi wisata prioritas dan buku-buku yang membahas mengenai kemaritiman,” jelasnya.

Deputi Agung pun mengakui akan segera menindaklanjuti permintaan Menko Luhut tentang perlunya evaluasi dampak penerbitan komik Si Juki kepada masyarakat dan kemungkinan ditulisnya komik bertema tentang pelestarian lingkungan dan kesadaran pada kebersihan,

Hadir dalam peluncuran komik Si Juki dan dua buku non fiksi tentang kemaritiman antara lain Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Kemenpar Dadang Rizki Ratman, Bupati Belitung Sahani Saleh, Direktur Penerbitan Elex Media Suwandi Sandiwan Brata dan beberapa pejabat dari kementerian lain.* (Humas Kemenko Maritim)

KOMENTAR

Nama

Artikel,7,Bacaan,1,Bidadari Pulau Bunga,1,BPK,1,Darmin Nasution,1,Fakta Unik,10,Flores,20,Flores Cantik,5,Flores POS,12,Floresisme,10,Galeri,7,Ignas Iryanto,1,Indonesia,30,Jelajah,8,Kabar Warga,1,Kemenko Maritim,1,Kemenko Perekonomian,1,Kementrian ESDM,1,Kementrian Perhubungan.,1,Komodo,3,Kopi Flores,4,Labuan Bajo,2,Luhut Binsar Pandjaitan.,1,Maggarai Barat,1,Manggarai Tengah,1,Manggarai Timur,3,Nicholas Saputra,4,NTT,10,Opini,3,Opini Wajar Tanpa Pengecualian,1,Peristiwa,22,PLN,1,Press Release,2,Tarif Listrik,1,Tiket Pesawat,1,Tour de Flores,8,Trending Topic,34,Wisata,21,
ltr
item
Florespos.id: Menko Luhut Resmikan Peluncuran Komik Si Juki
Menko Luhut Resmikan Peluncuran Komik Si Juki
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut B. Pandjaitan meresmikan peluncuran komik "Si Juki" dan buku non fiksi berjudul “Melancong ke Laut” dan “Tata Kelola Pariwisata Maritim Indonesia” di Jakarta, Jumat (21/6) yang membahas tentang isu kemaritiman.
https://1.bp.blogspot.com/-Kv_D128tj0o/XRA6qXR3O2I/AAAAAAAAR8I/N8Pz8QG8IWwcMHSrgIU-90lLXBgNKLo8ACLcBGAs/s640/Luhut%2BKomik.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-Kv_D128tj0o/XRA6qXR3O2I/AAAAAAAAR8I/N8Pz8QG8IWwcMHSrgIU-90lLXBgNKLo8ACLcBGAs/s72-c/Luhut%2BKomik.jpg
Florespos.id
http://www.florespos.id/2019/06/menko-luhut-luncurkan-komik-si-juki.html
http://www.florespos.id/
http://www.florespos.id/
http://www.florespos.id/2019/06/menko-luhut-luncurkan-komik-si-juki.html
true
240027915275159787
UTF-8
Semua postingan Belum ada postingan LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal Balas Delete Oleh Home HALAMAN POSTINGAN Lihat Semua Rekomendasi LABEL ARSIP SEARCH SEMUA POSTINGAN Tidak ditemukan postingan yang Anda cari Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Mgu Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Follower Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy