Formapena Jabodetabek Sesalkan Sistem Polling Online Jelang Pilkada Ngada 2020

BAGIKAN:

Formapena Jabodetabek menyatakan polling online yang dilakukan oknum tertentu dapat membahayakan rasionalitas dan keberadaban politik lokal di Ngada.

Pelantikan pengurus Formapena Jabodetabek 2019-2021.

JAKARTA, FLORESPOS.ID - Forum Mahasiswa dan Pemuda Ngada (Formapena) Jabodetabek menyatakan polling online yang dilakukan terhadap beberapa bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Ngada 2020 adalah sebentuk pembodohan publik dan penggiringan opini.

Ketua Umum Formapena Jabodetabek Emilianus Kadju secara tegas mengatakan, polling online yang dilakukan menyongsong Pilkada Ngada 2020 adalah sebuah kebodohan metodologis.

"Bagaimana bisa mengukur popularitas, akseptabilitas, dan elektabilitas dari para bakal calon di Ngada menggunakan sistem online sedangkan populasi dan samplingnya tidak ada. Bahkan orang yang bukan asal Ngada pun bisa ikut memilih sejauh mereka online," katanya.

Menurut Emild, polling online tersebut memiliki beberapa cacat bawaan. Selain tidak memiliki sampling dan populasi yang jelas, polling online tersebut juga tidak pantas dilakukan karena sampai saat ini, belum ada kejelasan tentang bakal calon yang akan maju pada Pilkada Ngada selain beberapa tokoh yang sudah tampil melalui blusukan dan politik pencitraan.

Ia menduga, polling online tersebut antara dimaksudkan untuk menggiring opini publik, atau dijadikan sebagai portofolio atau proposal permohonan untuk mendapat kendaraan partai, mengingat beberapa nama yang dicatut didalamnya belum memiliki kendaraan partai sama sekali.

"Dari sisi teori agenda setting, kita bisa melihat bahwa kalau bukan untuk mendapatkan atensi publik di Ngada, polling hasil polling yang cacat tersebut bisa saja disertakan dalam proposal permohonan ke ketua umum partai politik agar mendapat kendaraan politik," jelasnya.

Selain itu, Emild juga menyatakan, polling online, jika digunakan sebagai cara untuk memperoleh kendaraan partai, maka hal tersebut sangat tidak elengan. Cara-cara seperti itu justru merusak rasionalitas publik.

"Kalau mau kelihatan elegan, undangkah lembaga survei independen yang sudah memiliki nama dan selalu taat pada metodologi survei. Jangan polling online atau pun lembaga survei abal-abal," paparnya.

Emild pun menghimbau masyarakat Ngada agar cerdas dalam menyaring isu dominan yang muncul pada saat-saat menjelang Pilkada Ngada 2020. Hal itu dimaksudkan agar masyarakat tidak dipengaruhi oleh muatan kepentingan pragmatis oknum-oknum tertentu.

"Masyarakat Ngada sekarang sudah cerdas. Tidak bisa dibodoh-bodohi dengan cara yang instan. Mereka sudah tahu, mana yang tulus membantu dan mana yang punya intensi mau cari untung," pungkasnya.*

KOMENTAR

Nama

Artikel,8,Bacaan,1,Bidadari Pulau Bunga,1,BPK,1,Darmin Nasution,1,Digitalisasi Penyiaran,1,Ekonomi Digital,1,Fakta Unik,10,Flores,21,Flores Cantik,5,Flores POS,12,Floresisme,10,Galeri,7,Humas,1,Ignas Iryanto,1,Indonesia,45,Jaringan 5G,1,Jelajah,8,Johnny Plate,3,Kabar Warga,1,Kemenko Maritim,1,Kemenko Perekonomian,1,Kementrian ESDM,1,Kementrian Perhubungan.,1,Kominfo,10,Komodo,3,Kopi Flores,5,Labuan Bajo,9,Lebaran,1,Luhut Binsar Pandjaitan.,1,Maggarai Barat,1,Manggarai Tengah,1,Manggarai Timur,3,Menkominfo,9,Nasional,1,Nicholas Saputra,4,NTT,10,Opini,3,Opini Wajar Tanpa Pengecualian,1,Pandemi,1,Panglima TNI,1,Peristiwa,22,PLN,1,Press Release,4,Redaksi,1,Tarif Listrik,1,Tiket Pesawat,1,Tour de Flores,8,Trending Topic,35,Wisata,22,
ltr
item
Florespos.id: Formapena Jabodetabek Sesalkan Sistem Polling Online Jelang Pilkada Ngada 2020
Formapena Jabodetabek Sesalkan Sistem Polling Online Jelang Pilkada Ngada 2020
Formapena Jabodetabek menyatakan polling online yang dilakukan oknum tertentu dapat membahayakan rasionalitas dan keberadaban politik lokal di Ngada.
https://1.bp.blogspot.com/-44w7B96WY9M/XTWUCLksSII/AAAAAAAATEQ/CAhETHOhZ5g3lpQMXYwcUfnQ3ix5JcIbgCPcBGAYYCw/s640/Formapena.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-44w7B96WY9M/XTWUCLksSII/AAAAAAAATEQ/CAhETHOhZ5g3lpQMXYwcUfnQ3ix5JcIbgCPcBGAYYCw/s72-c/Formapena.jpg
Florespos.id
https://www.florespos.id/2019/08/formapena-jabodetabek-sesalkan-sistem-polling-online-jelang-pilkada-ngada-2020.html
https://www.florespos.id/
https://www.florespos.id/
https://www.florespos.id/2019/08/formapena-jabodetabek-sesalkan-sistem-polling-online-jelang-pilkada-ngada-2020.html
true
240027915275159787
UTF-8
Semua postingan Belum ada postingan LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal Balas Delete Oleh Home HALAMAN POSTINGAN Lihat Semua Rekomendasi LABEL ARSIP SEARCH SEMUA POSTINGAN Tidak ditemukan postingan yang Anda cari Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Mgu Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Follower Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content