Makin Keren, Labuan Bajo Jadi Target Layanan 5G Pertama di NTT

BAGIKAN:

Kota masa depan Labuan Bajo bakal menjadi target utama pemerintah terkait layanan 5G di Provinsi NTT.



Kota masa depan Labuan Bajo bakal menjadi target utama pemerintah terkait layanan 5G di Provinsi NTT.

Labuan Bajo terpilih diantara beberapa kota lain di Indonesia karena merupakan salah satu destinasi wisata super prioritas (DPSP) yang amat diperhatikan Presiden Joko Widodo sejak menjabat.

"Sama juga dengan daerah DPSP lain di Indonesia, seperti Borobudur, Danau Toba, Likupang, Labuan Bajo dan Mandalika," ujar Sinergy Project Leader Telkom Indonesia, Kuncoro Wastuwibowo di Kupang, dikutip Antara, Kamis (27/5).



Dia menerangkan, pemasangan jaringan 5G ini memasuki tahap dua setelah sejumlah daerah Industri di Indonesia, sudah terpasang jaringan 5G.

Artinya, pemasangan jaringan 5G ini tidak diterapkan di semua provinsi di Indonesia.Tetapi hanya akan dipasang di sejumlah kota Industri saja.

Kota-kota seperti Jakarta, Serang, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya serta kawasan industri manufaktur menjadi prioritas.

Kuncoro menerangkan, keberadaan layanan 5G juga akan mendukung produk-produk UMKM di Indonesia untuk bisa tembus pasar global.

Pemasangan jaringan ini, kata dia, hanya khusus untuk jaringan internet of things untuk pertanian, untuk komersialisasi expo untuk UMKM.


Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan peresmian jaringan 5G oleh Telkomsel merupakan hari bersejarah bagi Indonesia.

Menurut dia, infrastruktur digital nasional akan ditopang dengan layanan 4G dan 5G secara simultan.

"Saya ingin memastikan roll out 5G Telkomsel yang dilakukan hari ini juga tetap berjalan operasi simultan bersama jaringan 4G, karena pembangunan 5G secara merata di seluruh wilayah tanah air justru yang akan menjadi tonggak-tonggak penting infrastruktur telekomunikasi nasional kita," ujar Johnny dalam peresmian 5G Telkomsel di Vertical Garden the Telkom Hub, Jakarta, Kamis.

Johnny menyampaikan kebanggaan dan apresiasi melihat keseriusan dari PT Telkomsel yang mengambil langkah cepat untuk mengawal pembangunan 5G di Indonesia.

Johnny menegaskan tantangan dan dampak buruk bukan menjadi faktor yang menghentikan langkah, justru menjadi faktor yang mendorong pemerintah dan mitranya untuk berkolaborasi agar pembangunan 5G menjadi lebih matang dan lebih kuat.

"Ini tanda-tanda baik, sekaligus tantangan yang luar biasa apabila memahami implikasi harapan itu. Hari ini hari yang luar biasa, di mana kita mengawali deployment 5G dengan tetap menjaga dan mempertahankan agar internet link rasio, agar disparitas internet antar wilayah negara kita, tetap terjaga dengan baik," tandasnya.

Di sisi lain, Johnny menyatakan, pandemi Covid-19 telah menjadi penanda dimulainya akselerasi transformasi digital yang harus dimanfaatkan.

"Harapan masyarakat kita, transformasi digital, migrasi rakyat dari ruang fisik ke ruang digital sudah luar biasa di Indonesia. Setidaknya 196 juta warga internet Indonesia, satu peluang dan space digital yang luar biasa besar di era di saat di mana terjadi tantangan pandemi Covid-19," ujarnya.*

KOMENTAR

Nama

Artikel,8,Bacaan,1,Bidadari Pulau Bunga,1,BPK,1,Darmin Nasution,1,Digitalisasi Penyiaran,1,Ekonomi Digital,1,Fakta Unik,10,Flores,21,Flores Cantik,5,Flores POS,12,Floresisme,10,Galeri,7,Humas,1,Ignas Iryanto,1,Indonesia,45,Jaringan 5G,1,Jelajah,8,Johnny Plate,3,Kabar Warga,1,Kemenko Maritim,1,Kemenko Perekonomian,1,Kementrian ESDM,1,Kementrian Perhubungan.,1,Kominfo,10,Komodo,3,Kopi Flores,5,Labuan Bajo,9,Lebaran,1,Luhut Binsar Pandjaitan.,1,Maggarai Barat,1,Manggarai Tengah,1,Manggarai Timur,3,Menkominfo,9,Nasional,1,Nicholas Saputra,4,NTT,10,Opini,3,Opini Wajar Tanpa Pengecualian,1,Pandemi,1,Panglima TNI,1,Peristiwa,22,PLN,1,Press Release,4,Redaksi,1,Tarif Listrik,1,Tiket Pesawat,1,Tour de Flores,8,Trending Topic,35,Wisata,22,
ltr
item
Florespos.id: Makin Keren, Labuan Bajo Jadi Target Layanan 5G Pertama di NTT
Makin Keren, Labuan Bajo Jadi Target Layanan 5G Pertama di NTT
Kota masa depan Labuan Bajo bakal menjadi target utama pemerintah terkait layanan 5G di Provinsi NTT.
https://1.bp.blogspot.com/-UPy7klyXnUk/YLCbEeCKUWI/AAAAAAAAha0/vzS4jcfnlu017Nen8JO6udt8JhmZ_Kq2ACPcBGAsYHg/w655-h368/Target%2B1%252C5%2BJuta%2BWisatawan%2Buntuk%2BLabuan%2BBajo.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-UPy7klyXnUk/YLCbEeCKUWI/AAAAAAAAha0/vzS4jcfnlu017Nen8JO6udt8JhmZ_Kq2ACPcBGAsYHg/s72-w655-c-h368/Target%2B1%252C5%2BJuta%2BWisatawan%2Buntuk%2BLabuan%2BBajo.jpg
Florespos.id
https://www.florespos.id/2021/05/makin-keren-labuan-bajo-jadi-target.html
https://www.florespos.id/
https://www.florespos.id/
https://www.florespos.id/2021/05/makin-keren-labuan-bajo-jadi-target.html
true
240027915275159787
UTF-8
Semua postingan Belum ada postingan LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal Balas Delete Oleh Home HALAMAN POSTINGAN Lihat Semua Rekomendasi LABEL ARSIP SEARCH SEMUA POSTINGAN Tidak ditemukan postingan yang Anda cari Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Mgu Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Follower Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content