Tetapkan Pemenang Seleksi, Menkominfo: Mari Bersama Majukan Industri Penyiaran

BAGIKAN:

 INFO PUBLIK - Pemerintah menetapkan pemenang Seleksi Penyelenggara Multipleksing TV Digital Teresterial Tahun 2021. Menteri Komunikasi dan ...

Tetapkan Pemenang Seleksi, Menkominfo Ajak Peserta Majukan Industri Penyiaran


 INFO PUBLIK - Pemerintah menetapkan pemenang Seleksi Penyelenggara Multipleksing TV Digital Teresterial Tahun 2021. Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan penetapan itu merupakan bagian dari kebijakan digitalisasi penyiaran dan implementasi Analog Switch Off (ASO) untuk memajukan industri penyiaran di Indonesia.

“Tim Seleksi telah mengumumkan hasil seleksi Penyelenggaraan Multipleksing Siaran Televisi Digital di 22 provinsi atau wilayah layanan, pada tanggal 26 April 2021 lalu. Tim Seleksi juga telah memberikan kesempatan  masa sanggah hingga 30 April 2021,” ujar Menteri Johnny dalam Konferensi Pers Virtual Penetapan Pemenang Seleksi Penyelenggara Multpleksing Siaran TV Digital Teresterial 2021, dari Media Center Kementerian Kominfo, Jakarta, Senin (03/05/2021).

Menurut Menkominfo Tim Seleksi telah memberikan jawaban serta klarifikasi sesuai dengan peraturan perundang-undangan. "Oleh karenanya, pada hari ini, Kementerian Kominfo menetapkan pemenang seleksi Penyelenggara Multipleksing Siaran Televisi Digital Terestrial,” jelasnya.

Menkominfo merinci hasil resmi dari seleksi tersebut yang dirinci dengan jumlah wilayah layanan yang diperoleh antara lain Emtek Group 9 layanan, Metro 9 Layanan, NTV 2 layanan, RCTI (MNC) 9 layanan, Trans TV 9 layanan dan Viva 5 layanan.

"Dengan demikian, total 43 jumlah wilayah layanan dalam ketetapan pemenang seleksi tersebut," ungkapnya.

Menteri Johnny menyatakan melalui penetapan hasil seleksi itu, penyelenggara multipleksing pemenang seleksi berhak atas pengelolaan maksimal 50% dari kapasitas saluran siaran multipleksing untuk program siaran afiliasi masing-masing.

"50% sisa kapasitas siaran tersebut disewakan kepada Lembaga Penyiaran Swasta (LPS), Lembaga Penyiaran Lokal (LPL), dan Lembaga Penyiaran Komunitas (LPK) melalui mekanisme yang ditetapkan oleh penyelenggara mux bersama dengan LPL dan LPK," tegasnya.

Sebagai Lembaga Penyiaran Publik (LPP), Menteri Johnny menyatakan TVRI juga memiliki slot siaran yang dapat dimanfaatkan penyelenggara penyiaran LPS, LPL, dan LPK.  "Karena tidak semua slot di mana TVRI sebagai penyelenggara mux digunakan sepenuhnya oleh TVRI sendiri. Sehingga cadangan tersisa dapat dimanfaatkan oleh LPS, LPL dan LPK," jelasnya.

Selanjutnya, Menkominfo meminta seluruh Penyelenggara Multipleksing Pemenang Seleksi agar dapat segera menyelesaikan segala kewajiban-kewajibannya sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan.

"Dalam hal ini yang paling penting adalah infrastruktur.Kewajiban ini menjadi prasyarat yang harus dipenuhi, dan Pemerintah akan meninjau serta mengevaluasi realisasi dari komitmen-komitmen penyelenggaraan multipleksing tersebut,” tandasnya.

Selain melakukan seleksi, menurut Menteri Johnny, Pemerintah juga sedang melakukan evaluasi atas 12 wilayah layanan atau provinsi untuk menetapkan status penyelenggara multipleksing yang hasilnya akan segera diumumkan.

“Jadi menurut Undang-Undang dan PP ada dua metode. Metode yang pertama disebut dengan seleksi mux dan kedua penetapan hasil evaluasi multipleksing didasarkan pada kesiapan lembaga penyiaran swasta (LPS) yang saat ini beroperasi di 12 wilayah layanan tersebut," jelasnya.

Menteri Johnny mengharapkan melalui penetapan ini, LPS yang sudah terseleksi dan sudah dipilih dapat segera mengambil langkah-langkah dan persiapan. “Agar nanti pada tanggal 2 November 2022 kita akhiri bersama-sama siaran analog atau analog switch off. Dan mengawali full penyiaran digital dengan harapan bahwa industri penyiaran kita semakin berkembang pesat dan maju di era digital,” ungkapnya.

Dalam konferensi pers itu, Menkominfo didampingi Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika, Ahmad M. Ramli; Direktur Penyiaran, Geryantika Kurnia; dan Ketua Tim Evaluasi Dan Seleksi Penyelenggara Multipleksing Siaran Televisi Digital Terestrial, Marvels P. Situmorang.*

Ferdinandus Setu
Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo
e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
Telp/Fax : 021-3504024
Twitter @kemkominfo FB: @kemkominfo IG: @kemenkominfo
website: www.kominfo.go.id

KOMENTAR

Nama

Artikel,8,Bacaan,1,Bidadari Pulau Bunga,1,BPK,1,Darmin Nasution,1,Digitalisasi Penyiaran,1,Ekonomi Digital,1,Fakta Unik,10,Flores,21,Flores Cantik,5,Flores POS,12,Floresisme,10,Galeri,7,Humas,1,Ignas Iryanto,1,Indonesia,45,Jaringan 5G,1,Jelajah,8,Johnny Plate,3,Kabar Warga,1,Kemenko Maritim,1,Kemenko Perekonomian,1,Kementrian ESDM,1,Kementrian Perhubungan.,1,Kominfo,10,Komodo,3,Kopi Flores,5,Labuan Bajo,9,Lebaran,1,Luhut Binsar Pandjaitan.,1,Maggarai Barat,1,Manggarai Tengah,1,Manggarai Timur,3,Menkominfo,9,Nasional,1,Nicholas Saputra,4,NTT,10,Opini,3,Opini Wajar Tanpa Pengecualian,1,Pandemi,1,Panglima TNI,1,Peristiwa,22,PLN,1,Press Release,4,Redaksi,1,Tarif Listrik,1,Tiket Pesawat,1,Tour de Flores,8,Trending Topic,35,Wisata,22,
ltr
item
Florespos.id: Tetapkan Pemenang Seleksi, Menkominfo: Mari Bersama Majukan Industri Penyiaran
Tetapkan Pemenang Seleksi, Menkominfo: Mari Bersama Majukan Industri Penyiaran
https://1.bp.blogspot.com/-dHmzASoQ1iQ/YJXkXr6kpoI/AAAAAAAANqc/Gz8tuGzFIgYCm9a4yLRF-_-5DgwVC-H4ACNcBGAsYHQ/w640-h336/Tetapkan%2BPemenang%2BSeleksi%252C%2BMenkominfo%2BAjak%2BPeserta%2BMajukan%2BIndustri%2BPenyiaran.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-dHmzASoQ1iQ/YJXkXr6kpoI/AAAAAAAANqc/Gz8tuGzFIgYCm9a4yLRF-_-5DgwVC-H4ACNcBGAsYHQ/s72-w640-c-h336/Tetapkan%2BPemenang%2BSeleksi%252C%2BMenkominfo%2BAjak%2BPeserta%2BMajukan%2BIndustri%2BPenyiaran.jpg
Florespos.id
https://www.florespos.id/2021/05/tetapkan-pemenang-seleksi-menkominfo.html
https://www.florespos.id/
https://www.florespos.id/
https://www.florespos.id/2021/05/tetapkan-pemenang-seleksi-menkominfo.html
true
240027915275159787
UTF-8
Semua postingan Belum ada postingan LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal Balas Delete Oleh Home HALAMAN POSTINGAN Lihat Semua Rekomendasi LABEL ARSIP SEARCH SEMUA POSTINGAN Tidak ditemukan postingan yang Anda cari Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Mgu Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Follower Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content